PROFIL MADRASAH
Nama Madrasah : MTsN 3 Lebak
NPSN : 20622635
NSM : 121136020003
Akreditasi : A (92)
Tahun Berdiri : 1995
Alamat : Kp. Malangnengah Rt.002 Rw.001 Desa
Bendungan Kecamatan Banjarsari Kabupaten Lebak
A.
Sejarah Singkat
Madrasah Tsanawiyah Negeri 3
Lebak adalah salah satu lembaga pendidikan formal yang berada di bawah naungan
Kementerian Agama RI, yang merupakan salah satu dari lima Madrasah yang
berstatus negeri yang ada di Kabupaten lebak. Madarasah Tsanawiyah ini terletak di Kampung Malangnengah Desa
Bendungan Kecamatan Banjarsari Kabupaten Lebak Propinsi Banten. Madrasah ini
merupakan pelimpahan dari sebuah Madarasah Tsanawiyah Mathla’ul Anwar, yang
berpiagam dari Departemen Agama RI, No. 02/10/03/13/12 tanggal 16 Maret 1981
(piagam terlampir). Madarsah Tsanawiyah Mathla’ul Anwar itu sendiri adalah
sebuah Madarasah Tsanawiyah yang berdiri pada tahun 1970, dengan mengisi ruang
Madrasah Diniyyah Malangnengah Desa Bendungan Kecamatan Banjarsari. Adapun
perintis/pendiri Madarasah Tsanawiyah Mathla’ul Anwar itu sendiri adalah :
1. K.Tb.M. Rafei
2. H. Muhamad
3. H. A. Memed
4. M. Yunus
5. Abdullah
6. Edi Suhaedi
7. H. Suparto
Pendirian Madrasah Tsanawiyah Mathla’ul
Anwar itu dilatar belakangi oleh:
1. Membantu minat masyarakat terhadap kelanjutan
pendidikan pendidikan ke tingkat lanjutan pertama.
2. membantu orang tua siswa yang kurang mampu
untuk melanjutkan pendidikan anaknya ke luar daerah.
3. Turut memajukan pendidikan yang sesuai dengan
Tujuan Pendidikan Nasional.
Setelah MTs MA ini
berjalan selama empat tahun, dan status gedung yang numpang pada Madarsah
Diniah Malangnengah, akhirnya pada tahun 1974, dibangunlah 4 (empat) lokal
ruang belajar dari dana hasil swadaya murni masyarakat Malangnengah.
Selanjutnya pada tahun 1982 terdapat penambahan lokal ruang belajar sebanyak 2
lokal, dari dana hasil swadaya murni masyarakat.
Sejak pendirian
sampai penegrian MTs ini telah dipimpin oleh 7 (tujuh) orang kepala yaitu:
1. Tahun 1970 s/d 1980 adalah K.Tb.M. Rafe’i
2. Tahun 1981 s/d 1982 adalah Hudaya BA
3. Tahun 1983 s/d 1986 adalah K.Tb.M. Rafe’i
4. Tahun 1987 s/d 1993 adalah Drs. H.A Sayuti
5. Tahun 1994 s/d 1995 adalah Apad Apandi
6. Tahun 1996 s/d 2002 adalah Drs. H. Juhri
Dari ketujuh
kepemimpinan tersebut, masing-masing telah memberikan kontribusi terhadap
perkembangan dan kemajuan serta prestasi yang pernah diraih oleh Madrasah itu
sendiri.
Dalam
perkembangannya selama kurun waktu 25 tahun lamanya, akhirnya Madrasah
Tsanawiyah Mathla’ul Anwar Malngnengah berganti status menjadi Madarsah
Tsanawiyah Negeri (MTsN) Banjarsari pada tanggal 25 Nopember 1995, berdasarkan
Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 515 A Tahun 1995 Tentang
Pembukaan dan Penegrian Beberapa madrasah.
Proses perubahan
status dari swasta menjadi negeri itu sendiri mempunyai latar belakang
tersendiri pula. Hal ini dapat dipahami bahwa setiap perubahan pasti akan
menempuh sebuah proses. Adapun prosesnya adalah sebagai berikut:
A. Tahun Penegrian
Madrasah Tsnawiyah
Mathla’ul Anwar beralih menjadi Madrasah Tsanawiyah Negeri Banjarsari tepatnya
pada 25 Nopember 1995, berdasarkan Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia
Nomor 515 A Tahun 1995 Tentang Pembukaan dan Penegrian Beberapa madrasah.
B. Tim Pencetus Penegrian
Diantara tim
pencetus/pemeprakarsa peraliahan dari swasta menjadi negeri adalah:
1. H. A. Memed (ketua)
2. H. A. Yunus (anggota)
3. Abdullah (anggota)
4. Junaedi (anggota)
5. Bahrudin (anggota)
6. Suhari (anggota)
7. Dadang Jamhari (anggota)
C. Alasan/dasar Penegrian
1. Pembangunan yang telah berjalan/dilaksanakan
kegiatannya terutama pembangunan fisik/sarana dan prasaran murni dari hasil
swadaya masyarakat, dan itu sangat terbatas sekali sehingga kurang optimal
sesuai dengan kebutuhan,
2. Banyaknya kebutuhan pembangunan lainnya yang
menjadi beban tanggung jawab masyarakat yang tidak dapat ditanggulangi,
3. Masyarakat menyadri memiliki keterbatasan
kemampuan dana untuk membantu pembangunan sarana dan prasarana pendidikan yang
menjadi prioritas utama dalam rangka untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Di
sisi lain pendidikan di daerah yang menjadi harapan masyarakat harus berkembang
dan lebih maju sejajar dengan perkembangan dan kemajuan pendidikan yang ada di
perkotaan. Untuk itu sangat diperlukan pasilitas yang memadai sehingga out
putnya mampu menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas yang berguna
bagi kehidupannya.
4. Atas dasar pertimbangan tersebut di atas (poin
1, 2 dan 3), telah sepakat, untuk menanggulangi harapan dan keinginan
masyarakat khusunya dalam bidang pendidikan, maka Madarasah tsanawiyah
Mathla’ul Anwar untuk diusulkan kepada pemerintah cq Departemen Agama RI
menjadi Madrasah Tsanawiyah Negeri.
D. Pembangunan Gedung
Setelah Surat
Keputusan tentang penegrian Madarasah Tsanawiyah Mathla’ul Anwar menjadi
Madrasah Tsanawiyah Negeri Banjarsari, akhirnya pembangunan gedung pun
dilaksanakan di tempat yang berbeda dari gedung sebelumnya.
Lokasi gedung
MTs N Banjarsari pertama kali dibangun di atas 2 bidang tanah wakaf dari
keluarga Muhamad bin jasad dengan Luas 6.000 M2 terletak di Kampung
Malangnengah Desa Bendungan Kecamatan Banjarsari kabupaten Lebak dan Lurah
Apong dengan Luas 9.970 M2 yang terletak di Kp. Cisampih Desa
Cisampih Kecamatan Banjarsari Kabupaten Lebak.
Dalam
perkembangan selanjutnya, sejak penegrian sampai dengan sekarang Madrasah
Tsanawiyah Negeri Banjarsari atau yang sekarang berganti nama menjadi MTsN 3
Lebak telah mengalami 4 (empat) kali peralihan kepemimpinan, yaitu sebagai
berikut:
1. Tahun 1996 s/d 2002 adalah Drs. H, Juhri
2. Tahun 2002 s/d 2008 adalah Tb. M. Saleh, S.Ag.
3. Tahun 2008 s/d 2018 adalah Drs. Arfan Fuad,
M.Ed.
4. Tahun 2018 s/d 2023 adalah Ade Iwan Setiawan,
M.MPd
5. Tahun 2023 s/d saat ini adalah D Fauzan
Firdaus, M.M.Pd
Kemudian di
Tahun 2020 Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Lebak yang berlokasi di Kp. Cisampih
Desa Cisampih Kecamatan Banjarsari resmi memisahkan diri (berdiri sendiri), hal
ini didasarkan pada Pemisahan atau Penegerian MTsN 5 Lebak yang tertuang dalam
Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 535 Tahun 2018 tentang
Penegerian 48 (Empat Puluh Delapan) Madrasah, disamping itu MTsN 5 Lebak di
Tahun 2020 sudah memiliki pengelolaan anggaran tersendiri.
Berkenaan
dengan hal itu, tanah yang luasnya 9.970
M2 serta sarana dan prasarana yang ada di atasnya secara otomatis
menjadi milik MTsN 5 Lebak. Namun, di tahun yang sama MTsN 3 Lebak
mengembangkan tanah/lahan yang semula luas 6.000 M2 bertambah lagi
luasnya menjadi 8.035 M2 Yang terbagi kedalam 2 bidang tanah. Kedua
bidang tanah tersebut sudah bersertifikat atas nama Pemerintah Republik
Indonesia Cq Kementerian Agama.
B.
Tujuan Pendidikan Menengah
Tujuan pendidikan menengah adalah meningkatkan
kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk
hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut dengan memiliki
keseimbangan sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang terpadu dalam kehidupan
sehari-hari.
Madrasah Tsanawiyah
Negeri (MTsN) 3 Lebak sebagai lembaga pendidikan
berciri khas islam perlu mempertimbangkan harapan Peserta Didik, orang
tua Peserta Didik, lembaga pengguna lulusan madrasah dan masyarakat dalam merumuskan visinya, juga diharapkan
dapat merespon perkembangan dan tantangan masa depan dalam ilmu pengetahuandan
teknologi pada era informasi danglobalisasi
yang sangat cepat melalui visi
berikut:
“Unggul Dalam Prestasi, Menguasai Ilmu Pengetahuan dan Tekhnologi Yang Berlandaskan Iman Taqwa dan Akhlakul Karimah
Serta Memiliki Wawasan Lokal dan Global”.
Indikator Visi:
1. Kuat dalam
Tauhid/keyakinan
2. Rajin dalam ibadah
3. Cerdas dan
berakhlakul karimah
4. Berprestasi dibidang
akademik dan non akademik
5. Berperstasi dibidang
non akademik
6. Memiliki sikap
kepedulian sosial yang tinggi
7. Memiliki output atau
lulusan myang memliki kompetensi untuk melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi
8. Memiliki keterampilan
life skill
Misi
1.
Meningkatkan Kualitas Kegiatan Belajar Mengajar
Secara Optimal,
2.
Meningkatkan Kualitas Bimbingan dan Pelajaran
Secara Efektif,
3.
Meningkatkan Kualitas Kegiatan Intra, Maupun
Extrakulikuler Secara Islami,
4.
Meningkatkan Kualitas, Semangat Berprestasi Secara
Intensif dan Kompetitif,
5.
Meningkatkan Kualitas Dalam Semangat Pendalaman,
Pengahayatan dan Pengamalan Nilai-Nilai Religius (Agama) Secara Kaffah dan
Istiqamah,
6.
Menjungjung Tinggi Nilai-nilai Budaya yang Positif
dan Islami. Sehingga Wahana dan Sumber Inspirasi dan Bertindak Secara
Arif dan Bijaksana,
7.
Membudayakan Managemen Partisipatif dan
Transparantif Dengan Melibatkan Seluruh Warga Madrasah dan Masyarakat di
Lingkungan Madarasah.
Tujuan Pendidikan Madrasash
a. Tujuan
Umum:
Terbentuknya generasi bangsa yang bermoral dengan dasar iman dan taqwa
kepada Allah SWT, cinta ilmu,
bertanggungjawab, berkepribadian, mandiri, disiplin,
beretoskerja tinggi, serta berorientasi
masa depan.
b. Tujuah
Khusus MTsN 3 Lebak
1.
Menerapkan dasar-dasar aqidah, akhlak pada
perilaku sehari-hari
2. Mengoptimalkan pembelajaran yang
partisipatif, aktif dan kreatif
3.
Mengembangkan potensi akademik, bakat dan
minat melalui kegiatan bimbingan konseling dan extrakurikuler
4.
Melatih kepekaan dan tanggungjawab sosial
melalui kegiatan sosial
5.
Menyiapkan generasi muda yang siap
menghadapi tantangan masa depan
c. Strategi
1.
Menciptakan suasana yang kondusif dengan
tenaga pendidik yang profesional.
2.
Meningkatkan kegiatan MGMP.
3.
Mengintensifkan program yang telah di
rencanakan.
4.
Menumbuhkan kesadaran dan kepedulian
masyarakat terhadap pendidikan agama di madrasah.
5.
Mengoptimalkan pelayanan terhadap orang
tua peserta didik dan atau masyarakat.
d. Program
1.
Menyelenggarakan penyusunan program
kerja madrasah.
2.
Mengatur kegiatan pembelajaran.
3.
Menyusun rencana anggaran madrasah.
4.
Pembinaan terhadap guru dan karyawan
pada tiap 3 bulan sekali.
5.
Pengembangan pendayagunaan dan
pemeliharaan sarana prasarana.
6.
Menyelenggarakan evaluasi (semester dan
ujian).
C.
Keadaan Dan Potensi Madrasah
1.
Sarana dan Prasarana.
a. Tanah dan Halaman
Tanah Madrasah yang digunakan untuk kegiatan belajar selama ini
berada di dua tanah kepemilikan yakni milik negara yang sudah
bersertifikat dengan luas 6.000 M² dan 2.035 M² yang berlokasi di Desa
Bendungan kemudian pagar 300 M² dan luas bangunan yang digunakan 5.430 M²
b. Gedung Madrasah
Bangunan madrasah pada umumnya dalam kondisi baik, dan jumlah ruang
kelas untuk menunjang kegiatan belajar sebagai berikut;
Luas
Bangunan : 5.430 m2
Ruang
Kepala Madrasah : 1
Baik
Ruang
Wakil Kepala : 1
Baik
Ruang
TU : 1 Baik
Ruang
Guru : 1
Baik
Ruang
Kelas : 9
Baik
Ruang
Lab. Komputer : 1
Baik
Mushola : 1
Baik
Ruang
BP dan Komite : 1
Baik
Ruang Toilet : 10
Baik
2.
Anggaran Madrasah
Anggaran madrasah berasal dari dana pemerintah yang
dituangkan dalam DIPA MTsN 3 Lebak. Alokasi dana terutama dipergunakan untuk
menunjang kegiatan-kegiatan intrakurikuler dan ektrakurikuler, dan berdampak
langsung kepada siswa, serta untuk memenuhi kelengkapan sarana belajar peserta
didik.
3. Tenaga Pendidik dan kependidikan Madrasah
Jumlah seluruh tenaga pendidik dan
kependidikan sebanyak 32 orang, terdiri atas 1 Kepala Madrasah 23 Guru,
Karyawan Tata Usaha 5 orang, Pramubakti 2 orang dan Satpam 1 orang, sebagaimana
tabel dibawah ini:
NO |
NAMA |
JABATAN |
STATUS |
1 |
D Fauzan Firdaus |
Kepala Madrasah |
PNS |
2 |
Ahmad Furqon |
Wakil Kepala Madrasah |
PNS |
3 |
Wawan |
Wakil Kepala Madrasah |
PNS |
4 |
Ade Imron Rosadi |
Wakil Kepala Madrasah |
PPPK |
5 |
Hendi Sudarman |
Wakil Kepala Madrasah |
PNS |
6 |
Arfan Fuad |
Guru |
PNS |
7 |
Durotunasihin |
Guru |
PNS |
8 |
Moahmmad Assabiq |
Guru |
PNS |
9 |
Jarkoni |
Guru |
PPPK |
10 |
Rigci Maulana |
Guru |
PPPK |
11 |
Deden |
Guru |
PPPK |
12 |
Dahlan |
Guru |
PPPK |
13 |
Idris |
Guru |
PPPK |
14 |
Ade Ismail Munawar |
Guru |
PPPK |
15 |
Endin Syahrudin |
Guru |
PPPK |
16 |
Dewi Kartika |
Guru |
PPPK |
17 |
Nia Kurniasih |
Guru |
PNS |
18 |
Vipiet Pitria Senja |
Guru |
PNS |
19 |
Yusriyati |
Guru |
PNS |
20 |
Paujiah |
Guru |
PNS |
21 |
Oki Wahyu Fatmawati |
Guru |
PNS |
22 |
Siti Ropiah |
Guru |
PPPK |
23 |
Anis Bulkiyah |
Guru |
PPPK |
24 |
Nurimah |
Guru |
Honorer |
25 |
Hilmudin |
Kepala Tata Usaha |
PNS |
26 |
Ahmad Sahroni |
Pelaksana Tata Usaha |
PNS |
27 |
Asep Firmansyah |
Pelaksana Tata Usaha |
PNS |
28 |
Madsa’i |
Pelaksana Tata Usaha |
Honorer |
29 |
Wiwit Mutiyah |
Pelaksana Tata Usaha |
Honorer |
30 |
Komarudin |
Satpam |
Honorer |
31 |
Isnen |
Pramubakti |
Honorer |
32 |
Sukarya |
Pramubakti |
Honorer |
4. Keadaan Peserta Didik
a. Jumlah peserta didik
Jumlah peserta didik pada tahun pelajaran 2024/2025 seluruhnya
berjumlah 299 orang. Persebaran jumlah peserta didik antar kelas merata.
Peserta didik dikelas VII ada sebanyak 4 rombongan belajar. Peserta didik di
kelas VIII sebanyak 4 rombongan belajar. Serta peserta didik di kelas IX
sebanyak 4 rombongan belajar.
Jumlah Pesrta Didik
Tahun Pelajaran 2024 - 2025
Kelas |
Jumlah |
Jumlah Siswa |
Jumlah Rombel |
|
Laki-laki |
Perempuan |
|||
Kelas VII |
47 |
45 |
92 |
4 |
Kelas VIII |
58 |
48 |
106 |
4 |
Kelas IX |
53 |
48 |
101 |
4 |
Jumlah |
158 |
141 |
299 |
12 |
5. Keadaan Orang Tua Peserta Didik
Keadaan orang tua peserta didik/siswa MTsN 3 Lebak tahun
pelajaran 2024/2025 sebagaimana pada tabel dibawah ini :
No |
Pekerjaan |
Jumlah |
Prosentase |
1 |
Petani penggarap |
69 |
23% |
2 |
PNS,TNI,POLRI |
14 |
5% |
3 |
Swasta, buruh |
163 |
56% |
4 |
Pedagang |
38 |
12% |
5 |
Yatim, Dhuafa |
15 |
4% |
6. Kerjasama Madrasah
a.
Kerjasama dengan Orang Tua
Kerjasama dengan orang tua peserta didik dilaksanakan melalui Komite
Madrasah. Ada lima peran orang tua dalam pengembangan madrasah, yaitu sebagai:
1. Donatur dalam menunjang kegiatan dan sarpras
madrasah, namun belum berjalan optimal mengingat kondisi ekonominya;
2. Mitra madrasah dalam pembinaan pendidikan;
2. Mitra dalam membimbing kegiatan peserta didik;
3. Mitra dialog dalam peningkatan kualitas
pendidikan; dan
4. Sumber belajar.
b. Kerjasama
dengan Alumni
Kerjasama antara madrasah dengan alumni belum dapat digali secara
maksimal mengingat keadaan alumni yang tidak menyampaikan informasi
keberadaannya, sementara komunikasi belum berjalan dengan lancar karena keadaan
geografi yang tidak mendukung. Untuk menyelesaikan persoalan itu maka pada
tahun 2018 direncanakan akan diselenggarakan temu alumni.
c. Prestasi
Kejuaraan (5
tahun terakhir)
No |
Nama Kompetisi |
Medali/Juara |
Tingkat |
Penyelenggara
|
Tahun |
1 |
Indonesian
Excellent Student Olympiade |
1 Medali Emas 1 Medali Perak 1 Medali
Perunggu |
Provinsi Banten |
IESO |
2023 |
2 |
Kejuaraan
Tanding Pencak Silat |
1 Medali Emas 3 Medali Perak 2 Medali
Perunggu |
Kabupaten Lebak |
IPSI Kabupaten
Lebak |
2022 |
3 |
Kompetisi Solo
Volal |
Juara 1 |
Kabupaten Lebak |
Dinas Pendidikan
Kab. Lebak |
2022 |
4 |
Kompetsisi Sains
IPS |
1 Meadli Perak |
Provinsi Banten |
POSI |
2021 |
5 |
Penguatan Bahasa
di Ruang Publik |
Terbaik ke 5 |
Kabupaten Lebak |
Kantor Bahasa
Banten |
2020 |
6 |
Pertandingan
Bola Voli |
Juara 1 Putra Juara 1 Putri |
Kabupaten Lebak |
Kantor Kemenag
Kabupaten Lebak |
2019 |